Sabtu, 10 Desember 2011

Tip Mudah Atasi Anak Latah

KESULITAN mengatasi anak latah? Dengan pengobatan yang tepat dan akurat, latah pada anak Anda pun dapat sembuh secara total. Berikut ini cara yang dapat diaplikasikan.

Latah berbeda dengan stuttering (gagap), yang membutuhkan penanganan khusus dan berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi. Sebenarnya latah yang belum terlalu parah dapat diatasi dengan:

Mintalah anak bersikap tenang

Misalnya dengan menarik napas saat merasa panik sehingga tidak langsung mengungkapkan kata atau menampilkan perilaku yang tidak terarah. Bila latah yang disebabkan oleh kecemasan bisa diatasi dengan cara meditasi atau yoga, dimana ada cara atau langkah yang dapat dilakukan untuk menenangkan diri.

Berikan aktivitas seperti olahraga

Dengan olahraga perhatian anak akan teralihkan sehingga ia lebih memahami kelebihan dan kekurangan dan mengetahui hal-hal yang dapat membuatnya diterima dan diakui lingkungan.

Berikan pengasuhan yang tepat

Bila latah si kecil muncul maka orangtua atau lingkungan sebaiknya bereaksi/bersikap netral atau bahkan tidak memberikan reaksi apa-apa sehingga perilaku tersebut tidak akan diulangi oleh anak.

Dukungan lingkungan

Misalnya meminta teman si kecil agar tidak mengagetkannya atau membuatnya terkejut.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites