Sabtu, 08 Oktober 2011

Sabut Kelapa, Bahan Dasar Mobil Masa Depan


Selain ramah lingkungan, bahan baku ini sangat murah dan kuat dalam jangka waktu lama.

Perusahaan mobil asal Amerika Serikat, Ford dan Scotts Miracle-Gro, tengah melakukan penelitian penggunaan serat atau sabut kelapa untuk beberapa bagian mobil.
Seperti dilansir laman Automotiveworld.com, Jumat 7 Otober 2011, tujuan penelitian adalah mengurangi penggunaan plastik dan minyak bumi. Selain ramah lingkungan, bahan baku ini sangat murah dan kuat dalam jangka waktu lama.

Para peneliti menggunakan serat kelapa sebagai pengganti dari serat sintetik polyester dalam bentuk komposit campuran yang didaur ulang.Saat ini, Ford sedang menguji sifat materi untuk memastikan melewati semua tes daya tahan termasuk meneliti apakah bahan tersebut tahan terhadap api.

Nantinya bahan tersebut digunakan untuk pembungkus head rest, pembungkus kabel, serta beberapa bagian interior mobil seperti doortrim, plafon, pembungkus kursi hingga untuk bahan baku dashboard.

"Kami terus mencari teknologi terbarukan yang inovatif yang dapat mengurangi ketergantungan kita pada minyak bumi serta meningkatkan ekonomi bahan bakar," kata Ahli Teknis Plastik Ford, Dr Ellen Lee.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites